KEGIATAN PROGRAM PENGENALAN STUDI 2016

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Estu Utomo Boyolali adalah lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan kebidanan yang menerima mahasiswa dengan tanpa membedakan latar belakang orang tua, agama, suku dan ras. Program studi pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Estu Utomo Boyolali adalah program studi professional strata D-III Kebidanan dan S1 Keperawatan yang merupakan bagian dari pendidikan tinggi kesehatan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan professional dalam menerapkan ilmu konsep kebidanan dan keperawatan, memanfaatkan teknologi secara arif serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat terutama dalam hal kesehatan.

Secara spesifik lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Estu Utomo Boyolali diharapkan mempunyai 3 (Tiga) keunggulan Kompetensi, yakni:

  1. Kompetibilitas, yakni lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Estu Utomo Boyolali mempunyai kognitif, afektif, dan psikomotorik yang diperlukan oleh institusi yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan baik instansi, pemerintah maupun swasta.
  2. Kemandirian, yakni lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Estu Utomo Boyolali mempunyai kemampuan interprenursip baik mental maupun keahlian untuk menjadi tenaga kesehatan mandiri yang berdiri di tengah-tengah masyarakat dengan mengedepankan pendekatan ilmiah dan sosiologis.
  3. Kemampuan global, yakni lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Estu Utomo Boyolali mempunyai keunggulan untuk bersaing baik skala lokal, nasioal, maupun internasional.

Untuk memasuki proses belajar mengajar guna mencapai keunggulan tersebut diatas terlebih dahulu diperlukan masa transisi yang diharapkan dapat menjadi wadah bagi proses pembentukan dan penyiapan diri mahasiswa baru agar tidak mengalami keterkejutan dari suasana lingkungan pelajar menuju suasana perguruan tinggi.

Mahasiswa baru dalam memasuki kehidupan kampus perguruan tinggi memerlukan adanya kesiapan psikologis maupun social untuk dapat beradaptasi secara cepat dengan proses belajar mengajar di perguruan tinggi. Para mahasiswa baru perlu mengetahui sarana dan prasarana yang dapat digunakan untuk proses belajar mengajar di perguruan tinggi. Selain itu mereka harus memahami tata cara mengaksesnya melalui proses mekanistik maupun interaksi social dengan mahasiswa senior dan para karyawan, utamanya tenaga kependidikan (dosen). Salah satu karakteristik yang banyak dijumpai pada diri mahasiswa adalah secara psikologis belum siap untuk melaksanakan proses pembelajaran pendidikan tinggi yang berbasis pada otonomi keilmuan dan kebebasan mengembangkan mimbar akademis, untuk menemukan serta membawakan kediriannya sebagai modal intelektual dalam masyarakat di kelak kemudian hari.

Berdasarkan fenomena yang ada pada diri mahasiswa baru, maka kesiapan mahasiswa baru dalam hal akademis, psikologis serta normatifeetis untuk memasuki era kehidupan kampus sangat penting bagi keberhasikan pendidikan mereka. Dengan urgensitas yang demikian, maka Program Pengenalan Studi Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Estu Utomo Boyolali Tahun Akademik 2016/2017 diharapkan dapat menghantarkan mahasiswa menjadi insan yang berkualitas, profesional, dan mandiri.

Kegiatan Program Pengenalan Studi Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Estu Utomo Boyolali Tahun Akademik 2016/2017 sangat berbeda dengan kegiatan “Perploncoan / OSPEK”, Kegiatan ini lebih mengedepankan pada hal-hal yang mendidik dan ilmiah, meningkatkan responsibilitas, menghibur dan memberikan wawasan yang berkenaan dengan dunia pendidikan tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *